Pengendalian Penyakit Terung Organik Hingga Pemanenan

Busuk buah

Ada beberapa macam cendawan yang menyebabkan penyakit ini, yaitu Phomopsisi vexans (8300. et syd), Phytophthora nicotialae var. parasitica (Dast.) Water., P. melongenae Saw., dan tyhium aphanidermatum (Edson) Fitzn.

Serangan Phomophsis vexans tidak hanya buah saja, tetapi abang, ranting, dan daun juga diserang. Pada daun, permukaannya kelihatan ada bercak bulat telur yang warnanya cokelat, an makin lama makin besar dan tidak beraturan.

Serangan pada semai akan menyebabkan roboh (dumping off). Bila buah yang diserang, buah akan kelihatan bercak kecil cokelat muda, lalu membesar sehingga buah menjadi busuk, dan akhirnya rontok.

Serangan P. nicotianae var. parasitica ditandai dengan bercak memanjang sepanjang buah terung, berwarna cokelat sampai hitam. Bagian dalam buah berwarna cokelat kebasahan. Kemudian, buah terung menjadi busuk dan rontok.

Gejala serangan Pythium aphanidermatum yaitu buah menjadi busuk, terlebih buah yang di dekat tanah. Pada cuaca lembap, tumbuh miselium jamur yang kelihatan seperti kapas sehingga sering disebut sebagai cottony leak.

Upaya pengendalian yang dapat dilakukan sebagai berikut:

1) Jika ada bercak kecil, buah segera dipanen dan dikonsumsi.

2) Sesudah panen yang pertama, tanah Segera dipupuk lagi dengan pupuk organik.

3) Tanamlah terung yang resisten terhadap

4) Dilakukan rotasi tanaman.

5) Tanaman yang telah terserang hebat sebaiknya dibakar.

6. Cara Panen Terung

Tanaman terung mulai berbunga umur i 2 bulan dan buah dipanen sekitar umur 3 4 bulan. Oleh karena buah tidak matang bersamaan maka panen dapat dilakukan 2 kali seminggu. Panen dilakukan pada saat buah berukuran maksimal, tetapi belum tua.

Buah yang tua mempunyai rasa yang kurang enak, biji sudah mulai keras, dan kulit liat. Panen yang baik waktu pagi hari atau sore hari sebelum matahari terbenam. Adapun buah yang dipanen sebaiknya disertakan juga tangkai buahnya. Tangkai tersebut dipotong lurus agar tidak melukai buah terung.

8. Penanganan Pascapanen

Setelah panen, buah terung dibawa ke tempat yang teduh, kering dan sejuk. Kemudian dilakukan sortasi untuk memisahkan buah yang sakit dan abnormal dengan buah yang sehat. Buah yang sehat dibedakan lagi berdasarkan bentuk, wama buah, ukuran panjang, dan beratnya untuk menentukan tujuan pasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *