Pengendalian Hama dan Penyakit Terung Organik

Cendawan tepung

Penyakit ini disebabkan oleh Eiysiphe polygoni DC. Serangannya ditandai dengan terlihatnya tepung putih pada daun. Serangan semakin hebat pada waktu musim kemarau. Jika banyak angin, tepung-tepung yang merupakan konidium tersebut akan berhamburan dan berkecambah di tempat lain.

Pengendalian yang dapat dilakukan agar penyakit tidak meluas yaitu dengan mengembuskan tepung belerang atau menyemprotkan bubur kalifornia.

Penyakit layu cendawan

Penyebab penyakit ini yaitu cendawan Fusarium oxysporum f. melongenae Matua et Ishigami. Gejala serangan ditandai masih segarnya tanaman terung pada pagi maupun malam hari, tetapi pada siang hari mulai layu.

Keadaan ini berlangsung beberapa hari saja dan akhirnya tanaman mati. Kalau dibiarkan, pangkal kan membusuk dan kadang-kadang p. Jika dipotong melintang atau dan raya . (maka an kelihatan berwama memanjang, batang a cokelat tua penyakit layu mulai dapat dikendalikan dengan cara berikut.

1) Ditanam terung hasil sambungan dengan batang terung yang tahan layu, misalnya cepokak atau terung engkol.

2). Menanam terung yang tahan layu, misalnya terung putih, terung gelatik (bulat kecil).

3) ‘Tanaman yang kelihatan sakit segera dicabut dan dibakar. Tanah bekas tanaman sakit jangan tersebar kemana-mana nanti akan menular.

4) Dilakukan rotasi tanaman.

5) Kegiatan penyiangan dan pemupukan organik  dilakukan hati-hati agar tidak merusak perakaran.

6) Dilakukan solarisasi.

1 Caranya, tanah yang telah tercemar penyakit ditutup dengan plastik transparan 1-1 bulan aga sinar matahari masuk dalam tanah. Dengan demikian tanah menjadi panas sehingga bibit penyakit akan mati.

i) Penyakit layu bakteri

Penyakit Iayu disebabkan oleh bakteri pseudomonas sola-nacearum S.F.Sm. Gejala serangannya hampir sama dengan penyakit layu karena cendawan. Perbedaannya ialah batang yang sakit jika dipotong melintang akan keluar lendir berwarna putih krem.

Keluarnya lendir ini semakin jelas bila potongan batang dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air jemih. Penyakit ini tidak bisa diobati dan bisa tahan bertahun-tahun di dalam tanah. Pengendalian yang dapat dilakukan sama dengan pengendalian untuk penyakit layu cendawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *