Kekurangan dan Kelebihan Sistem Pertanian Organik

Pada pengembangan Sistem budi daya apa pun, tentunya terdapat kekurangan maupun kelebihan jika diperbandingkan dengan Sistem budi daya sebelumnya. Demikian pula budi daya tanaman dengan menggunakan Sistem pertanian organik memiliki kekurangan dan kelebihan jika dibandingkan dengan Sistem pertanian nonorganik yang diterapkan pada sistem pertanian konvensional.

1. Kekurangan Sistem Pertanlan Organik Beberapa kekurangan atau kelemahan yang terdapat pada sistem pertanian organik, antara Iain sebagai berikut

a. Menyerap tenaga kerja yang lebih banyak, terutama untuk pengendalian hama dan penyakit. Karena pengendalian hama dan penyakit masih dilakukan secara manual. Jika memakai pestisida alami, perlu dibuat sendiri karena pestisida ini belum tersedia di pasaran.

Tanaman yang dihasilkan dari sitem pertanian organik umumnya kurang bagus karena berukuran lebih kecil dan daun berlubanglubang jika. dibandingkan dengan tanaman yang dipelihara secara nonorganik.

Kelebihan Sistem Pertanian Organik Namun demikian, di samping ada kekurangan atau kelemahannya, sistem pertanian organik juga memiliki beberapa kelebihan. Beberapa kelebihannya, antara Iain: a. Tanaman yang dihasilkan pertanian organik memiliki rasa yang Iebih manisjika dibandingkan dengan tanaman nonorganik.

b. Hasil tanaman pertanian organik harga jualnya lebih mahal.

Pada pelaksanaannya sistem pertanian organik sama sekali tidak memakai pupuk maupu pestisida dari bahan kimia sehingga tida menimbulkan kerusakan pada lingkungan, bai pencemaran tanah, air, maupun udara, da hasil yang diperoleh tidak mengandung bahan kimia beracun.

Untuk pertama kalinya, sistem pertanian organik di Indonesia dilakukan pada tahun 1984 oleh Yayasan Bina Sarana Bakti. Pengembangannya ‘ dilakukan di daerah Cisarua, Bogor, pada lahan seluas 4 hektare. Berawal dari pengembangan di Cisarua inilah, banyak orang mengikuti kursus untuk mempelajan’ sistem pertanian organik yang kemudian mereka kembangkan sendiri di daerahnya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *