Bertanam Terung Secara Organik Varietas dan Syarat Tumbuh

Pada umumnya, buah terung banyak dimanfaatkan untuk sayuran, namun ada juga beberapa varietasnya yang dipergunakan untuk obat-obatan dan untuk menjarangkan kelahiran (kontrasepsi). Bentuk dan ukuran. buah terung juga bermacam-macam, tergantung varietasnya. Oleh karena itu, perlu kiranya mengetahui varietes terung yang tumbuh di Indonesia sebelum memulai menanamnya.

A. Varietas Terung

Terung (Solarium melongena L.) termasuk dalam famili Solanaceae. Tanaman yang pertama kali dikembangbiakkan di India ini mempunyai tiga varietas, yaitu:

1) Solarium melongena var. escu/entum Bailey

Varietas ini umumnya disebut terung. Buahnya berbentuk bulat telur; memanjang; ujungnya tumpul; dan berwarna putih, putih kekuningan, putih kehijauan, hijau muda, hijau tua, atau ungu.

2) Solanum melongena var. serpentinum Bailey Terung ini juga disebut terung ular karena panjang dan menyerupai ular. Buahnya bergaris tengah :t 2,5 cm dengan panjangnya 3O 40 cm, bagian ujung biasanya membengkok, dan berwarna ungu.

3) Solanum melongena var. depressum Bailey Varietas ini dikenal juga sebagai terung bulat ungu atau terung maya. Sosoknya berupa semak pendek, bercabang banyak yang mendatar. Buahnya berbentuk bulat, berwarna ungu saat masih muda dan kuning setelah tua.

Selain ketiga varietas di atas, ada tanaman yang sosoknya mirip dengan terung, hanya buahnya berukuran kecil dan banyak. Tanaman tersebut dikenal dengan nama cepokak atau tekokak (Solanum torvum Swartz). Buah tekokak dapat dilalap maupun dimasak untuk sayur. Batangnya Kadang digunakan untuk batang bawah sambungan terung dan tomat.

Ada jenis terung yang mempunyai manfaat untuk Kontrasepsi, yaitu terung KB (Solanum Iaciniatum den 5. viculare). Terung ini dapat dipergunakan sebagai kontrasepsi karena mengandung persenyawaan solasodin sekitar 2,0 3,5°/o. Buahnya berukuran kecil dengan garis tengah sekitar 12 cm, berwarna hijau kekuningan.

B. Syarat Tumbuh

Agar tumbuh dengan baik, tanaman terung yang telah disebutkan di atas perlu ditanam di tempat yang sesuai, baik iklim maupun keadaan tanahnya.

1. Syarat lklim

Tanaman terung akan berproduksi baik jika mendapatkan panas yang cukup lama, suhu 2230° C, dan pengairan yang cukup baik. Jika suhu di atas 33° C, bunga akan rontok. Demikian jUga bila suhu 18 21° C, produksi akan kurang baik. Kurangnya matahari dan banyaknya hujan dapat menyebabkan tanaman kurus dan mudah terserang hama serta penyakit.

2. Syarat Tanah Keadaan tanah yang ideal untuk penanaman terung, yaitu tanah yang remah, Iempung berpasir, dan cukup bahan organik. Dengan keadaan tersebut biasanya aerasi dan drainasenya baik, tidak mudah tergenang air. Sebenarnya terung dapat ditanam di segala jenis tanah, asal cukup bahan organik. Keasaman (pH) tanah yang sesuai untuk tanaman terung sekitar 6,0 6,5.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *