Bertanam Organik Buah Naga Secara Tabulampot

Selain menghasilkan buah yang mengandung banyak khasiat, tanaman buah naga juga unik jika dijadikan tanaman hias. Jadi, selain dibudidayakan untuk diambil buahnya, tanaman buah naga dapat dikembangkan untuk dijual sebagai tanaman hias.

Tanaman buah naga yang ditanam sebagai tanaman hias akan memperindah halaman rumah. Bagi yang tidak memiliki halaman rumah yang luas, tidak perlu khawatir. Tanaman buah naga tetap dapat menghiasi rumah dengan cara ditanam di dalam pot atau sebagai tabulampot (tanaman buah dalam pot).

Cara membuat tabulampot buah naga sebagai berikut:

1. Mempersiapkan bahan dan alat.

Bahan dan alat yang diperlukan:

a. bibit tanaman buah naga,

b. media tanam berupa campuran tanah, pasir, bubuk bata merah, pupuk kandang dan kompos dan dolomit, pot, besi untuk tiang panjatan, alat-alat untuk berkebun.

2. Langkah pembuatan tambulampot:

Langkah pertama adalah memilih pot. Pilih pot dari tanah liat. Alasannya, karena tanah liat mudah menyerap air (porous). Ukuran diameter pot sekitar 40-50 cm. Selain itu, sediakan tiang panjatan. Untuk tiang panjatan, pilih yang kuat dari besi beton berdiameter 8-10 cm.

Buatlah tiang setinggi 200 cm. Seluruh tiang panjatan diberi sabut kelapa yang diikatkan. Pada bagian bawah tiang dibuatkan kaki-kaki tiang. Panjang kaki tiang sekitar 35 cm, dan dibentuk trapesium dengan ukuran 30 cm.

Setelah itu, pulas dengan aspal agar tidak gampang keropos. Bagian 3% – 22% tiang dibuat diaingan dengan meter 40 cm.

Pada bagian tengah piringan diberi besi yang dipasang bersilang. Pada pertemuan silangan, beri besi tegak lurus Sepanjang 30 cm, yang nantinya dimasukkan pada bagian ujung tiang.

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. Media tanam yang digunakan berupa campuran tanah, pasir, bubuk batu bata merah, pupuk kandang, dan kompos dengan perbandingan 1 : 2 : 2 : 3 : 1. Campur media dengan merata dan masukkan ke dalam pot hingga 80% volumenya. Tambahkan dolomit 100 gr/pot dan pupuk Hortigo 20 gr/pot. Siram sampai basah dan biarkan semalam.

Selanjutnya menyiapkan bibit. Sebaiknya, beli bibit dari penangkar tanaman buah naga sehingga kualitasnya terjamin. Pilih bibit setek batang yang panjangnya 60 cm dan diameternya 7 cm. Setelah itu, buat 3 lubang tanam dalam pot dengan kedalaman 10 cm dan diameter 6 cm.

Tanam bibit dalam lubang tersebut. Setelah ditanam, tekan media di sekitar bibit agar padat. Ikat bibit agar tidak mudah roboh. Basahi permukaan media dengan sedikit air. Usahakan agar jangan sampai air menggenangi pangkal batang. Pangkal batang yang terkena air akan membusuk.

Langkah terakhir, letakkan pot yang telah ditanami tanaman buah naga di lokasi yang mendapat sinar matahari penuh, terutama pada pagi hari. Tanaman buah naga akan tumbuh dengan baik, dapat dinikmati keindahannya dan tentu saja buahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *