Beberapa Faktor Iklim yang Menentukan Pertumbuhan Tanaman Organik

c. Hujan

Air sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk melarutkan hara yang terdapat dalam tanah sehingga dapat diangkut oleh akar. Kebutuhan air untuk setiap jenis tanaman jumlahnya berbedabeda. Ada jenis tanaman yang membutuhkan air dalam jumlah banyak, sedang, atau sedikit.

Tanaman kangkung air, genjer, dan selada air membutuhkan air dalam jumlah banyak dan mengalir. Tanaman tomat, terung, cabai, buncis, dan kubis hanya membutuhkan air dalam jumlah yang sedang-sedang saja, tidak tergenang, sedangkan tanaman kangkung darat, katu, dan ubi kayu hanya membutuhkan air dalam jumlah yang sedikit.

d. Kelembapan

Faktor lain yang dibutuhkan tanaman dalam pertumbuhannya, yaitu kelembapan. Kelembapan diperlukan tanaman untuk menunjang pertumbuhannya. Setiap jenis tanaman juga membutuhkan kelembapan yang berbeda-beda.

Namun, umumnya tanaman sayur membutuhkan kelembapan sekitar 80%. Jika kelembapan lebih dari 80%, tanaman dengan mudah dapat terserang penyakit.

e. Angin

Angin dapat menunjang atau merusak Kelangsungan budi daya tanaman. Angin dapat membantu penyerbukan tanaman sehingga kelestarian tanaman dapat terus berlangsung. Keuntungan lain dari angin, yaitu jika banyak angin pada musim hujan, kelembapan akan berkurang sehingga penyakit yang menyerang tanaman pun akan berkurang.

Adapun kerugian dari angin, yaitu dapat membantu penyebaran hama dan penyakit. Adanya angin yang banyak pada musim kemarau dapat mempercepat penguapan sehingga tanaman dapat mengalami kekeringan.

Dengan kenyataan seperti itu, umumnya Iahan untuk budi daya tanaman dipilih yang tidak terlalu banyak angin. Apabila terpaksa menanam di daerah yang banyak angin, upaya yang dapat dilakukan untuk menguranginya dengan menanam pohon pelindung.

Benih Faktor Iainnya yang tak kalah pentingnya dalam budi daya tanaman secara organik, yaitu benih. Benih dapat menentukan kesuburan tanaman. Walaupun faktor-faktor yang lain sudah memenuhi syarat untuk kesuburan tanaman. Namun, jika benih yang kita pilih berkualitas kurang baik, pertumbuhan dan produksi tanaman pun tidak akan sesuai harapan.

Adapun yang dimaksud benih yang berkualitas baik, yaitu benih yang dapat tumbuh berkecambah secara normal. Umumnya, benih yang dapat berkecambah dengan baik, yaitu benih yang berasal dari buah yang telah cukup tua.

Daya kecambah minimal 80%, dan biji harus dalam keadaan kering, bebas, dan tahan hama serta penyakit, serta tidak tercemar oleh bahan yang dapat mengganggu kesehatan manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *